sebelum memulai bisnis ketahui dahulu siapa diri kamu : sanguinis, koleris, melankolis atau plegmatis



setiap orang memiliki kepribadian nya yang berbeda. ada yang pendiam, ada yang ulet, ada yang baperan, ada yang santai. pokoknya kalo di hitung-hitung tentang seberapa banyak kepribadian manusia itu enggak akan bisa dibersin hari itu juga.

stop untuk berfikiran "jika dalam memulai bisnis itu modal adalah segalanya dan segalanya dalam bisnis itu adalah modal" stop untuk berfikir seperti itu karena itu bukan awal yang baik untuk memulai sebuah bisnis. sebelum memulai bisnis ketahui dahulu siapa diri kita karena dengan begitu akan sangat memudahkan kita dalam mengerjakan bisnis itu sendiri.

terdepat empat kelompok kepribadian dalam psikologi manusia ada sanguinis, koleris, melankolis dan juga plegmatis. mari kita bahas satu persatu tentang ke empat kepribadian tersebut agar kita jadi tahu yang mana sih diri kita ini dan apa yang harus kita lakukan.

Sanguinis

ciri-ciri orang sanguinis : cenderung populer, disegani oleh banyak orang, kehidupan nya sangat berwarna, tidak senang jika apa bicara nya di potong, emosi yang transparan dan spontan, kadang pelupa, susah berkonsentrasi, pemikir yang pendek dan serba tidak teratur.

pribadi sanguinis adalah pribadi yang sangat artistik mementingkan segala sesuatu nya dari estetika. orang yang berkepribadian sanguinis biasanya tidak memandang bisnis sebagai alat untuk meraup uang, mereka lebih memilih bisnis sebagai alat untuk mencapai eksistensi diri yang terlihat keren dimata orang.

karena sangat artistik dalam selalu ingin muncul sebagai seorang tokoh, jika kamu sebagai sanguinis maka jangan sekali-kali bermain solo atau memulai bisnis dengan sendiri karena para sanguinis sulit untuk melakukan sesuatu nya sendiri mereka perlu partner ataupun karyawan. ide yang selalu dilemparkan oleh orang sanguinis biasanya sangat luar biasa, spontan dan cepat sekali muncul nya maka dari itu orang sanguinis lebih baik mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan ide dan biarlah partner atau karyawan nya yang mengerjakan ide apa yang muncul dari orang sanguinis. alasan nya cukup sederhana karena orang sanguinis bukanlah orang yang stabil dalam melakukan sesuatu sikap mereka selalu berubah-ubah, seperti ungkapan sekarang dia bisa menangis tersendu-sendu namun sepuluh menit kemudian dia akan tertawa terbahak-bahak.

kelebihan : seorang yang berjiwa gotong royong, pemikir ulung untuk masa depan, citra diri yang hebat pada permulaan, antusias, pemberi ilham dan motivasi.

Melankolis 

ciri-ciri orang melankolis : sensitif, selalu memerlukan pertimbangan yang berat dalam melakukan sebuah langkah, sulit bersosialisasi, sulit disenangi dalam sebuah lingkungan, gila kerja, bukan hasil tapi proses.

jika kamu sebagai seorang yang baperan dan pemalas sedangkan akan memulai bisnis dengan seorang melankolis lebih baik mundur dari sekarang karena hasilnya hanya akan menjadi sebuah perdebatan yang tidak akan pernah beres. orang melankolis biasanya butuh waktu cukup lama dalam melakukan sesuatu mereka akan sangat banyak pertimbangan ini itu, riset sana sini sampai dengan berkonsultasi dengan banyak perdebatan.

seorang melankolis adalah single fighter yang tahan banting dengan sikap disiplin yang super tinggi. mereka sanggup melakukan apapun sendiri namun mereka memerlukan sebuah alasan rasional disekitaran mereka dalam melakukan suatu hal. maka dari itu jika kamu merasa sebagai seorang melankolis cobalah untuk lebih dekat dengan influelence mu karena dengan begitu kamu bisa menerima ide baik yang muncul dalam diri kamu ataupun orang lain tanpa perlu pertimbangan yang rumit.

kelebihan : jagonya matematika dan segala sesuatu yang berhubungan dengan fakta, perfecto, teratur, tepat waktu, menghindari perhatian dan setia

Koleris

ciri - ciri orang koleris : bossy, tidak mau kalah, menyukai tantangan, si kuat dalam melakukan sebuah pekerjaan dengan durasi lama dan percaya dengan istilah "tidak ada yang tidak mungkin".

jika sekarang kamu masih menjadi sebagai seorang pegawai dan tidak senang kepada bosmu karena dia sering memberikan perintah yang tidak mengenakan hati, selalu berorientasi kepada target dan sulit bersosialisasi dengan lingkungan nya maka sudah pasti jika bosmu adalah seorang koleris.

sebagai seorang koleris maka selamat kepribadian kamu sangat cocok sekali sebagai seorang pengusaha yang tangguh. seorang koleris selalu mampu dalam melakukan setiap pekerjaan sendiri bahkan orang koleris lebih menyenangi pekerjaan yang dilakukan sendiri namun berbarangan.

kelebihan : jago dalam mengambil keputusan, mandiri, bebas, pemberani dalam menghadapi masalah dan tantangan yang besar, membuat dan menentukan tujuan, si benar yang terkadang benar dan selalu punya pandangan kedepan. 

Plegmatis

ciri-ciri orang plegmatis : cinta damai, rela melakukan apa saja asal terhindar dari sebuah masalah yang berkelanjutan, plinplan dalam mengambil keputusan, jagonya dalam menunda pekerjaan dan jagonya dalam bergaul.

pribadi yang plegmatis merupakan pribadi yang sangat unik banyak dari mereka yang senang dalam mendengarkan cerita hebat namun tidak mau menjadi bagian dari orang hebat tersebut, pencerita yang sempurna namun tidak mau membuat cerita hidup nya sendiri.jangan pernah menyuruh mereka untuk melakukan seusatu yang mereka tidak sukai karena hasil nya akan pas-pas an karena tipe seperti mereka akan mudah ngambek kalo disuruh dalam melakukan sesuatu yang tidak mereka sukai dan akan diam jika tidak disuruh dalam melakukan sesuatu.

tidak sedikit seorang yang plegmatis dalam melakukan bisnis. namun ciri khas dari bisnis yang dijalankan oleh plegmatis biasanya segala sesuatu tidak diambil ribet, simple, mudah dilakukan dan cenderung menghindari sebuah resiko dan sangat tertata rapih.

kelebihan : bijaksana, menyenangkan, selalu peduli terhadap orang lain, senang melihat dan mengawasi, penengah masalah yang baik, pendengar yang baik.


Panjang umur inovator

Tukang Kemasan, merupakan distributor kemasan asal kota Bandung yang menyuplai Botol plastik food grade untuk produk minuman, kemasan untuk produk kosmetik, toples dan kemasan produk kimia.

Postingan populer dari blog ini

perbedaan kemasan PET dan HDPE

mau sampai kapan jadi karyawan, tapi buat pengusaha jangan sombong juga ya